Tuesday, December 11, 2012

Dari Curcol, Sampai Tips Memilih Sepatu Futsal


"Kehilangan", satu kata yang selalu berimej negatif. Mulai dari kehilangan barang, kehilangan harga diri atau pun kehilangan cinta. Tapi poin terakhir nggak berlaku untuk Humar. Gimana mau kehilangan, cinta aja... Sudahlah, daripada nggak dapet contekan waktu ujian. *sahabat yang baik, tidak mau mengumbar aib*

Jadi sebelumnya saya mau curhat. Boleh nggak? Ya jelas boleh lah, blog-blog saya (ngapain tanya, bego). Jadi saya mau curhat tentang kejadian setelah futsal beberapa hari yang lalu. Iya, saya emang suka Humar futsal. Saya pemain futsal, dan pernah juara dua. Hebat? Keren? Jago? Tentunya tidak apabila kalian tau kalo itu hanya sebatas kompetisi antar kelas waktu SMA (class meeting), dan diperparah karena saya berposisi sebagai pemain cadangan. Yang mempunyai skill andalan memanaskan bangku pemain cadangan pake bokong, atau istilah kerennya bench warmer. Keren? *blogger abal-abal, main futsal juga abal-abal*


Jadi beberapa hari yang lalu saya main futsal, setelah itu badan saya capek sekali. Semua sendi seperti mengalami peradangan dan semua tulang seperti tak menyatu satu dengan yang lain. Karena mainnya bagus, kerja keras gitu, makanya capek? Enggak. Capeknya karna saya cuma lari-lari useless tanpa hasil, dan tambah capek karena larinya sambil bawa senjata andalan saya, bokong. Karena saya merasa sangat lelah, begitu sampe rumah saya masuk aja ke kamar. Tanpa memperdulikan helm dan sepatu futsal saya yang masih nyantol di motor, dan langsung tidur. Dan apa yang terjadi setelah saya bangun? Yep, helm saya hilang. Dan yang lebih parah adalah, sepatu futsal saya juga hilang ditelan bumi digondol maling.

Terus solusi nya gimana? Mau nyari malingnya? Lapor polisi? Yakali polisi mana yang sempet nyariin sepatu futsal butut gitu, polisi tidur juga ogah. Terus gimana dong? Satu-satunya solusi adalah membeli yang baru, dan ikhlaskan yang lama. Okesip, agar postingan saya ini cukup berguna (nggak cuma curcol doang), saya akan membagikan sedikit tips untuk memilih sepatu futsal berdasarkan skill yang kamu miliki. 

1. Control
Sepatu tipe ini mempunyai kelebihan untuk kontrol atau pun passing, nggak tau deh kenapa. Mungkin ada lem nya gitu kalik ya. Paling cocok untuk kalian yang lebih suka membagi bola daripada membagi cinta dribble atau shooting, seperti Iniesta atau Xavi Hernandez. Yep, kedua pemain itu memang tipikal playmaker dan yang merupakan motor permainan tikitaka khas Barcelona ataupun timnas Spanyol. Jadi sepatu jenis ini paling cocok untuk kalian yang ngerasa gaya mainnya sama kayak mereka, atau minimal setipe deh.


Umbro Geomatra


Nike CTR360

2. Power
Power? Udah jelas banget kan kalo sepatu futsal tipe ini paling cocok untuk kalian yang punya shooting gledek. Nah, terutama untuk yang bertipikal village-skill atau nama bekennya kemampuan ndeso. Jadi saya punya temen, dia lebih suka main futsal nggak pake sepatu (nyeker). Kenapa? Alasannya simpel, karena shoot-nya dia lebih kenceng kalau nggak pake sepatu. Yang kalau nggak pake sepatu sekenceng Roberto Carlos, ketika dia nge-shoot pake sepatu, cuma sekeras tendangannya Morgan. Iya, itu pemain andalan juara LBI (Liga Boyband Indonesia). Jadi supaya nggak salah pilih dan menyia-nyiakan village-skill mu, sepatu futsal tipe power ini lah yang paling cocok buat yang punya tendangan sedewa Gerrard atau Lampard.


Adidas Predator Lethal Zones


Nike T90 Exacto IV

3. Speed
Ini dia, yang menurut saya menjadi primadona orang yang hobi futsal. Mereka paling suka dengan sepatu yang ringan dan kalau lari seperti tanpa beban. Atau mungkin merasa lebih kenceng. Iya, sepatu ini paling cocok untuk pemain yang memiliki dribble dan speed seperti Lionel Messi Saputra atau Cristiano Yudha Ronaldo. Mungkin karena ambasaddor-nya adalah 2 pemain top tersebut, yang membuat orang-orang mengganggap sepatu ini lah yang terbaik. Tapi menurut saya enggak, kembalikan lagi dengan tipe permainan kita. Emang iya semua orang punya kelebihan dalam speed? Buktinya Van Baukering kelebihannya berat badan. Dan saya yakin kalau Van Baukering pake sepatu ini nggak akan menang adu sprint lawan Usain Bolt yang lari sambil gendong bayi Gorilla.

Nike Mercurial Victory 8

Adidas F50 Adizero

Kira-kira itu tadi tipe-tipe sepatu futsal berdasarkan fungsinya dan kegunaannya. Sengaja saya nggak mencantumkan daftar harganya, karena harganya cukup bervariasi. Dan sepatu sepakbola original terbaik (top rated), yang biasa dipakai oleh pemain sepakbola top, tidak ada dalam versi futsalnya. Yap, kira-kira itulah tips memilih sepatu futsal dari saya. Pemain futsal professional cadangan , yang timnya juara 2 se-SMA. :))

No comments:

Post a Comment