Saturday, December 22, 2012

Everyday is Mother's Day

Setiap hari adalah hari kasih sayang, lalu kenapa ada tanggal 14 februari? Setiap hari bisa kok bermaaf-maafan, lalu kenapa ada tanggal 1 Syawal? Demikian pula dengan hari ibu, kalau setiap hari adalah hari ibu, kenapa ada tanggal 22 Desember? And that's, questions of life *dikira acara hitam putih*


Jadi, saya baru tahu kalau sekarang adalah hari ibu itu dari banyaknya acara di TV tadi malam yang membahas tentang "IBU". Saya memang bukanlah orang yang selalu mengucapkan terimakasih ke Ibu setiap tanggal 22 Desember. Bahkan seumur-umur saya belum pernah mengucapkan "Selamat Hari Ibu" ke Ibu saya. Tapi, tidak mengucapkan "Selamat Hari Ibu", bukan berarti tidak sayang Ibu kan?


Oke, berhubung hari ini (katanya) hari Ibu, saya mau membahas sedikit bagaimana kenangan-kenangan yang sudah "hilang" bersama beliau. Tenang, saya bukan Chairil Anwar kok, yang pandai merangkai kata menjadi sebuah rima yang bermakna. Seperti biasa saya tetap menulis dengan gaya tulisan santai. Bukan karena saya jago  menulis santai, tapi karena saya nggak bisa menulis tulisan-tulisan inspiratif.

Jadi, semalam seperti biasanya saya telat tidur. Bukan karena rajin belajar, tapi semalam saya menonton acara favorit saya, FTV. Terus saya melihat timeline twitter yang pada bahas tentang sosok ibu, dan karena saya tidak mengucapkan ke beliau, saya tergelitik untuk menulis beberapa twit tentang Ibu saya. Walaupun saya yakin kalau beliau tetap nggak akan membaca apa yang saya tulis tersebut. "Terus ngapain yud nulis tapi nggak dibaca beliau? Kenapa kamu nggak sms atau telfon aja?". Sekali lagi, karena menurut saya mengucapkan terimakasih ke beliau nggak harus dengan langsung bilang seperti itu. Kita menjalankan semua kewajiban kita, membahagiakan beliau dengan apa yang kita lakukan, selalu menyelipkan sosok beliau di setiap do'a kita. That's more than enough, right? 


Ibu saya memang hobi banget ngomelin anaknya, layaknya kebanyakan ibu. Dan saya paling males kalau diomelin, layaknya kebanyakan anak. Tapi siapa yang menyangka pas sudah jenggotan kayak gini malah kangen banget kalo diomelin ibu. Terakhir saya denger omelan beliau itu waktu sepatu futsal saya hilang, beliau ngomel-ngomel di telfon. Dan saya hanya senyum-senyum. Nggak peduli bagaimana jeleknya suara beliau kalau lagi ngomel, tapi bagi saya lebih merdu dari Adele sekalipun. Bahkan kalau pulang saya sering ngegangguin adik saya yang paling kecil. Biar apa? Biar diomelin :))


Nah, saya dulu memang paling nggak suka tidur siang. Tidur siang itu menurut saya lebih horor daripada ketemu banci. Bahkan saya lebih mending belajar daripada tidur siang. Beliau biasanya membuat 10 soal matematika, setelah selesai saya kerjakan, saya taruh di atas meja. Terus langsung main. Atau nggak saya ikut tidur di kasur, mata saya merem. Tapi ketika kira-kira setengah jam dan saya yakin beliau sudah tidur, saya pun mulai turun kasur dan berjalan-jalan kecil menggunakan ujung kaki. Iya, tapi itu dulu. Kalau sekarang ketemu kasur sebentar aja langsung molor.


Selain susah tidur siang, saya dulu juga susah banget kalau disuruh makan. Apalagi kalau makan di rumah. Karena menurut saya kecil, makanan di rumah itu nggak enak, hambar. Memang masakan ibu saya tidak mempunyai rasa yang kuat, karena beliau memang tidak menggunakan penyedap rasa. Saya pun lebih memilih jajan di luar, tak peduli berapa banyak penyedap rasa yang dipakai, cara memasaknya ataupun kebersihannya. Tapi sekarang saya baru sadar kalau masakan beliau yang hambar itu bukan karena beliau tidak bisa masak, tapi karena beliau peduli dengan masa depan anak-anaknya. Dan menurut saya, Ibu adalah chef terbaik di dunia. Lebih dari chef Marinka sekalipun (ya iyalah, belum pernah makan masakannya chef Marinka). Dan yang paling penting, makan masakan beliau itu gratis. Iya, GRATIS! HAHAHA! #Tetep #MentalAnakKos


Ibu saya memang orang yang peduli banget sama pendidikan anak-anaknya. Beliau rela meluangkan waktunya untuk menemani anaknya belajar. Dan beliau tidak hanya sekedar menemani, beliau selalu memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk me-recall apa yang sudah saya pelajari. Ternyata itu efektif banget. Saya hampir selalu dapat nilai yang memuaskan. Dan saya yakin, kalau misal nilai saya 100, itu yang murni karena kemampuan saya hanya 20, sisanya karena ibu saya. Kalau sudah jauh dengan ibu seperti ini, saya jadi sering kangen dengan pertanyaan-pertanyaan beliau ketika saya belajar. Memang ibu saya bukanlah guru, tapi menurut saya dialah guru terbaik di dunia.


Saya yang dulu memang bermental tempe, dan saya mengakuinya. Jadi ceritanya waktu lagi TK, entah kenapa suatu hari saya bangun kesiangan (sudah lupa detailnya). Saya pun langsung bergegas mandi, mandinya juga secepat bebek. Tapi tetep, saya terlambat. Karena mental saya yang kayak tempe, saya pun nggak berani masuk sekolah, saya minta diantar oleh ibu ke sekolah. Memang TK saya jauh, jauh banget malahan kalau dari rumah. Saking jauhnya sampe cuma nyebrang jalan aja sudah sampe. Ibu saya ternyata tidak mau mengantar, karena memang beliau masih memakai baju tidur dan juga sedang memasak. Terus, saya berangkat sendiri? Enggak, saya pun nggak mau berangkat sekolah. Melihat saya yang mogok sekolah, akhirnya beliau pun mau mengantar saya. Lengkap dengan baju tidur dan pisau yang sedang beliau gunakan untuk memasak. Iya, beliau mengantar saya sambil bawa pisau. Biar gurunya takut kalau mau marahin saya. HAHA!


Ini cerita saya waktu SMP. Memang waktu SMP dulu sekolah saya cukup jauh dari rumah. Kalau ini beneran jauh. Bahkan saya harus berangkat jam 6 dari rumah, itu pun masih harus 2 kali ganti angkot. Iya, jaman saya SMP dulu memang naik angkot. Namun tidak sembarang angkot yang saya naiki, angkot juga saya pilih-pilih. Nggak mau naik kalau nggak ada lagu band kesukaan saya, Kangen Band (lempar poni Andika). Setiap hari saya naik angkot, tapi terkecuali ketika bulan puasa. Ibu saya rela meluangkan sedikit waktu di sela-sela jam kerjanya untuk menjemput saya. Beliau rela berpanas-panasan naik motor jemput saya, supaya saya tidak capek. Supaya puasa saya nggak bolong. Tadi chef terbaik, terus guru terbaik, kalau yang ini? "ojek terbaaaaaiiiiiiiikkkk!!!". GUNDULMU!!!


Ngg... Ini serius twit saya? Enggak kok, khusus yang ini dibajak haha :))

Akhirnya selesai juga *kretekin jari*. Itulah tadi sedikit dari sekian banyak kenangan-kenangan saya bersama ibu saya. Meskipun Ibu nggak tahu kalau saya menulis tentang beliau, mungkin kalaupun beliau suatu hari membaca tulisan ini. Saya cuma mau nunjukin, "Ini lho bu anakmu, yang nggak pernah sms waktu hari ibu. Bukan berarti dia nggak peduli atau nggak tahu balas budi. Karena baginya, melihat mu tersenyum bahagia dengan semua apa yang dia kerjakan itu lebih dari beberapa kalimat yang anda tunggu ketika hari Ibu" 

Oke, karena hari ini adalah hari ibu. Nggak kayak tulisan saya yang abal-abal biasanya, khusus kali ini saya akan menutup tulisan saya dengan sebuah kalimat yang keren.

*benerin kerah*

*naikan dagu*

*seyum penuh percaya diri*

*tarik nafas*

Daaaaaaaaannnnnn....



"Everyday is mother's day, and mother's day is everyday"

Ngg... Sama aja kayaknya ya -____- *gagal keren* *tetep abal-abal* 

Btw, kalau ada yang mau share tentang pengalaman-pengalaman dengan Ibu boleh lho nulis di comment box. Kalau ada juga mungkin sedang khilaf. Maklum blogger abal-abal haha :))

1 comment:

  1. huhuhuhu... kamu tu yud, bikin aku ngakak sekaligus terharu, tauk! jadi keinget ibuk di rumah... :'( #HomeSickAttack

    ReplyDelete